17 Bahaya Akibat Kekurangan Vitamin D, E, K

Kita mengenal ada 13 macam vitamin yang berguna dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita, mulai dari vitamin A sampai dengan vitamin K. Ketiga belas jenis vitamin tersebut memiliki peranannya masing-masing dalam menjaga serta memelihara kesehatan tubuh agar tetap bugar dan fit ketika melakukan aktivitasnya sehari-hari. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai vitamin D, E dan K.

Agar ketiga vitamin yang tidak larut dalam air tersebut dapat melaksanakan fungsinya secara optimal, tentu saja pemenuhan kebutuhan hariannya harus tercukupi oleh tubuh kita.Apabila asupannya tidak terpenuhi, maka akan menimbulkan dampak yang mengancam kesehatan dan kestabilan fungsi tubuh. Berikut adalah 17 bahaya akibat kekurangan vitamin D, E, K yang wajib anda ketahui.

1. Osteoporosis

Apabila tubuh kekurangan vitamin D resiko terjadinya osteoporosis akan rentan menyerang kepadatan tulangnya. Kurangnya kadar asupan vitamin yang dapat larut dalam lemak prohormon ini menyebabkan timbulnya pengeroposan dan menurunnya kualitas tulang sehingga potensi seseorang mudah mengalami patah tulang akan semakin meningkat karenanya.

2. Rentan terserang diabetes

Vitamin D mengemban tugas penting dalam membantu dan mempermudah peningkatan hormon insulin sehingga membuatnya lebih peka terhadap rangsangan glukosa yang masuk kedalam tubuh. Apabila asupan vitaminnya tercukupi, maka kadar gula dalam darah juga akan mudah terkontrol.Namun apabila terjadi kondisi sebaliknya, dimana tubuh kekurangan vitamin D, resiko tubuh rentan terserang diabetes pun semakin meningkat.

3. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem saraf karena terjadinya kerusakan pada selubung myelin sel sarafnya, sehingga berakibat pada terjadinya kelumpuhan.Penyakit ini rentan menyerang anak-anak yang kekurangan vitamin D yang bersumber dari sinar matahari pagi, buah-buahan dan sayur-sayuran.

4. Rheumatoid arthritis

Penyakit berupa pelunakan tulang pada tubuh ini dapat menyerang akibat dampak yang timbul karena kekurangan vitamin D serta kalsium.Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak, bayi, maupun wanita yang jarang atau bahkan tidak terkena paparan sinar matahari langsung sama sekali.Hal tersebut dikarenakan penyerapan vitamin D yang diproses di dalam tubuh melalui kulit menjadi kurang aktif melakukan tugasnya.

5. Parkinson

Kekurangan vitamin D juga dapat mengakibatkan tubuh beresiko terjangkit Parkinson.Parkinson sendiri adalah penyakit gangguan motorik yang banyak dialami oleh orang tua karena pertambahan usianya. Semakin menua usia manusia, maka makin berkurang pula pembentukan vitamin D di dalam tubuhnya. Kurangnya asupan vitamin D akan semakin menambah parah kondisi tersebut dan menyebabkan resiko Parkinson makin meningkat.

6. Alzheimer

Vitamin D yang memiliki nama lain Kalsiferol ini merupakan solusi yang tepat untuk menghindarkan tubuh dari terserang Alzheimer. Kekurangan vitamin D menyebabkan resiko Alzheimer meningkat. Penyakit yang membuat sel otak mengecil dan mengkerut ini mirip seperti kepikunan dan biasanya menyerang orang dengan usia 60 tahun ke atas.

7. Gangguan kesehatan kesehatan tulang dan gigi

Kekurangan vitamin D dapat menimbulkan masalah gangguan pada kesehatan tulang dan gigi kita.Hal ini disebabkan karena sumber makanan yang mengandung vitamin D berfungsi menjaga dan menguatkan kondisi kesehatan tulang dan gigi.

8. Kerusakan pada sistem saraf dan otot

Kekurangan vitamin E juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan otot kita.Hal ini dikarenakan rusaknya sel-sel darah merah sebab asupan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh tidak tercukupi secara optimal.Kerusakan sistem saraf dan otot ini menimbulkan terjadinya kesulitan berjalan serta berdampak pada rasa nyeri di otot dan betis.

9. Kanker

Jika tubuh kita terus menerus mengalami kekurangan vitamin E, maka resiko terjangkit serangan kanker akan semakin meningkat dan mengancam kesehatan tubuh. Kanker ini biasa bersarang di payudara, saluran pencernaan, serta paru-paru pengidapnya.

10. Bayi Lahir Premature

Kekurangan asupan vitamin E selama masa kehamilan dapat berdampak pada kelahiran bayi secara premature.Bayi yang lahir premature tersebut memiliki cadangan vitamin E yang lebih sedikit bahkan sangat sedikit jika dibandingkan dengan bayi yang lahir normal.Keadaan ini dapat mengakibatkan gangguan masalah penglihatan pada si bayi premature itu.

11. Gangguan pertumbuhan pada anak-anak

Defisiensi vitamin E yang terjadi pada masa pertumbuhan bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada tumbuh kembang si anak tersebut.Gangguan pertumbuhan tersebut dapat berupa penurunan refleks, kelemahan otot, terganggunya penyerapan usus, serta potensi terjadinya kelainan saraf pada anak.

12. Masalah pada infertilitas

Dampak kekurangan vitamin E yang selanjutnya adalah terjadinya masalah yang berkaitan dengan kesuburan sistem reproduksi pria maupun wanita yang dapat berupa kemandulan atau infertilitas.

13. Gangguan sistem penglihatan

Kekurangan vitamin E juga berdampak buruk pada terjadinya gangguan yang menyerang sistem penglihatan seseorang.

14. Gangguan pada janin

Gangguan pada tumbuh kembang janin di dalam kandungan dapat terjadi ketika tubuh wanita yang sedang hamil mengalami kekurangan vitamin K sehingga meningkatkan potensi pendarahan pada ibu hamil tersebut.

15. Hemoragik pada bayi yang baru lahir

Hemoragik merupakan suatu keadaan dimana tubuh bayi yang baru lahir terjangkit suatu penyakit yang mengganggu proses sistem pembekuan darah di organ dalamnya. Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya darah di dubur si bayi yang disebabkan karena kurangnya asupan vitamin K pada ibunya selama masa kehamilan.

16. Terganggunya proses pembekuan darah

Tubuh yang kekurangan vitamin K akan mengganggu proses pembekuan darah yang terjadi di dalamnya. Hal tersebut berdampak pada sulit sembuhnya luka yang terjadi di tubuh seseorang.

17. Penurunan kepadatan tulang

Kurangnya asupan vitamin K secara optimal bagi tubuh juga berdampak pada menurunnya kepadatan tulang seseorang. Ini dikarenakan vitamin K memegang peranan penting untuk membantu proses penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Itulah macam-macam bahaya akibat kekurangan vitamin D, E dan K. Cukupi kebutuhan tubuhmu akan asupan vitamin D, E dan K agar terhindar dari bahaya-bahaya tersebut! Jaga pola makan, jangan lupa olahraga dan jalankan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *